Minggu, 05 Februari 2006

Usai Nonton II

Hari kedua. Usai nonton lagi. Kali ini nontonnya Realita Cinta dan Rock n Roll. Lebih lumayan dibanding kemaren soal aktingnya. Obrolan-obrolannya juga pas, ga maksa dan ngalir, khas banget kek bahasa sehari2 kita2 (hiks...kita...ngehe', anjeng, tae bangeddd), sarat konflik, seru, lucu dan mengharukan (gw mang suka terharu, ga peduli pilmnya emang bener2 mengharukan pa kagak...:p) dan berakhir manis!

Sebelum nonton gw liat antrian lumayan panjang. So, gw secepat kilat (buset dah, hiperbola banget) beli buku dulu biar ada temen ngantri. Mayan...sampe pas mo beli tiket, bukunya dah abis setengah, tipis sih...hehehe.

Bukunya, Sang Jurnalis. Yang nulis...lupa, pokoknya wartawan juga. Ceritanya, jelas soal wartawan juga. Pertama baca sih gw bilang ceritanya Udin banget. Pas baca pengantar dari penerbit sama biografi penulisnya, makin yakin, ini memang cerita tentang Udin, wartawan Harian Bernas yang meninggal dibunuh dan kasusnya terputus begitu saja. Mungkin karena yang terlibat adalah orang2 yang merasa hidupnya lebih penting dibanding orang lain. Taekkk!

Baca buku itu, gw inget pengalaman2 pribadi gw. Bukan mo nyamain, sumpah, apa yg dilakukan Almarhum, asli, mulia banget, berani banget dan lom ada orang dengan profesi serupa yg gw temuin dalam kehidupan nyata gw, bertindak dan berpikir kek dia. Eh....ada sih..., tapi...masih hidup (semoga panjang umur dan hati serta pikirannya terus dikuatkan, Amiiin). Gw berkali-kali dapet tawaran serupa (baca: amplop). Tapi bukan karena kasus. Jauh banget, makanya pengalaman gw, se-ujung kukunya Almarhum pun nggak nyampe.

Pejabat tetinggi kota pernah ngasih duit 50-an ribu satu iket, tebelnya 5 cm, 5 iket untuk kami berlima. Nilainya gw ga tau, gw balikin sih. Bapak itu bengong ngliat gw. Pas sebelum tersinggung, gw bilang, "Duitnya buat mas itu aja ya pak," kata gw sambil nunjuk temen lain dari media lain yg baru datang dan ga dapet 'pembagian'. Duit itu ga ada hubungannya ma berita apapun. Pejabat tertinggi kota itu cuman lagi seneng abis dapet penghargaan dari presiden. Itu pun ga jelas, jenis dan kriterianya apa.

Pengalaman lain, dari pejabat nomer tiga kota. Waktu itu ada peresmian bank. Kami dibuatkan rekening, dan rencana bakal ditambahin saldonya tiap bulan ma dia, termasuk untuk THR dan bonus- bonus lain (katanya). Kondisinya saat itu, gw ga bisa nolak sama sekali. Gw juga harus menjaga harga diri dia di depan orang2 yang hormat ma dia. Mo ditaro dimana mukanya kalo gw nolak, ato gw yang dimaki2 orang2 dibilang sok, ato dibilang ikut menghalangi rejeki orang lain.

Ga lama setelah itu, THR pun segera ditransfer ke rekening yang dibuatkan ma sang pejabat. Bukunya masih di bank, lom pernah gw ambil, lha wong gw ga ngerasa punya rekening itu. Berhubung ada THR via rekening, cepet2 gw dateng ke bank, tutup buku, cabut rekening, dan balikin saldo ke bapak itu. Dia kaget, lalu senyum2 ga enak, gw cepet2 kabur dari dia. Tanda tangan kuitansi tanda terima dari gw ke dia, gw titip via ajudan, biar gw ga liat ekpresinya dia lagi. Hihihi...culas gw ya...? Tekor sih buat bayar biaya tutup buku, gpp-lah, yg penting gw lega, ga sampe 20 ribu ini.

Masih ada lagi pengalaman lain. Waktu itu gw pindah desk dari Pendidikan ke Polkam. Hari pertama tugas di Polkam, seseorang datang mengantarkan amplop. Tebel, lumayan. Gw terawang (kek iklan BI yang ada Artika), duit 50-an ribu semua. Ini pun tanpa tendensi apa2, katanya salam perpisahan. Dia terharu tulisan2 gw tentang sekolah yang dipimpinnya mengangkat nama sekolahnya.

Maaf pak...pasti susah ya dapet duit itu? Sekolahnya aja masih miskin, lom pernah menamatkan siswa, sekolah negeri pula. Besoknya, gw anterin amplop itu ke pengirimnya. Kaget banget bapak2 berjanggut lebat itu. Hiks...awalnya dipikir gw mo minta nambah kali...hahaha!

Dan dia mengusap airmatanya. Berkali-kali ngomong gini, "Saya tidak menyangka hari ini saya dipertemukan seorang sahabat seperti Anda. Saya sangat bangga kenal dengan Anda". Gw cengengesan. Dalam hati gw terharu juga (tuh kan, terharu lagi...) "Ga salah nih pak? Maaf, bisa ga tangan gw dilepasin? Bapak kan biasanya ga mo salaman ma yg bukan muhrim...maap pak..." hihihi....!

Tidak ada komentar: