Jumat, 26 Mei 2006

Darahhhh....!

Tulisan ini bukan untuk mengundang rasa kasihan, bukan juga untuk mengeluh. Gw nulis untuk berbagi, khususnya sesama perempuan. Masih soal penyakit di rahim gw (yg selalu gw ceritain tiap bulan di blog ini). Hasil USG 10 Mei lalu, dokter bilang kista dan tumor gw udah ga ada. Tersisa bekas2nya doang.

Gw udah mulai menjalani pengobatan sejak Oktober 2005 lalu. Setiap hari selama Oktober hingga Februari 2006, gw minum obat A….sekian mg, seperti resep dokter. Sengaja gw ga nyebut nama obatnya, takut disalahgunakan, soalnya obat itu kek obat KB, ga bikin hamil. Tapi bikin ga haid dan bikin nafsu makan jadi gede, padahal sakit gw mengharuskan gw diet ketat. Berat, tapi harus dijalani.

Bulan berikutnya, kista gw dah mengecil dari 6,26 cm menjadi 6,04. Hmmm, harus lebih ketat dietnya kalo ga mo kelamaan nunggu sembuh sampe 24 bulan kemudian. Harga obatnya sangat bikin bangkrut. So, sambil minum obat dokter, gw juga minum kunyit putih setiap pagi dan malem. Obat tradisional ini, sepertinya mempercepat penyembuhan. Karena saat kontrol lagi bulan berikutnya, kista gw mengecil jadi 2,67 cm.

Tapi, ini bukan berita yg sangat menggembirakan, karena di rahim gw ga cuma ada kista. Tapi juga ada tumor. Dan tumor ini yg bikin perut gw kek orang hamil, bikin volume rahim gw membesar. Gw tetep minum kunyit putih secara rutin plus obat dokter, berharap bisa menghindari operasi. Alhamdulillah bulan berikutnya menyusut lagi menjadi 1,75 cm.

Februari, Maret, April, gw ga ke dokter lagi. Gw dah yakin bakal sembuh meski sesekali panik juga. April dan Maret, gw minum obat Cina, herbal, tanpa efek samping. Pas ke dokter kemaren, hasilnya, rahim gw volumenya kembali normal dan kista plus tumor gw udah ga ada, tinggal dibersiin bekasnya.

Dokter ngasih gw resep obat R…., harganya jauh lebih murah dibanding obat sebelumnya, disertai pesan dokter yang minta gw makan pepaya tiga kali sehari. Setau gw, pepaya biasanya dianjurkan biar ga susah BAB kan? Dan gw emang ga ngalamin kesulitan setelah tiap hari minum jus pepaya.

Tapi empat hari ini gw bener2 panik dan lemes. Gimana nggak…setiap ke toilet, saat BAB atau BAK, yang keluar darah. My God…gw takuuuut banget. Soalnya gw inget taon 1997, darah juga keluar dari semua lubang di tubuh gw dan lima kali pemeriksaan darah, hasilnya positif Leukimia. Pemeriksaan darah terakhir, yang ke enam kalinya, diagnosa Leukimia itu ga terbukti.

Plisss ya Allah…jangan sampe gw ngalamin kek gitu lagi. Maka gw browsing soal efek obat yg gw minum itu. Hasilnya….ini nih…
Nama obat: R…
Kalo generiknya: N…
Indikasi: Pengobatan perdarahan rahim difungsional, endometriosis, metropati hemoragika, sindroma pra?menstruasi, penundaan waktu haid, menoragi dan dismenore.
Kontra Indikasi:
- Kehamilan, gangguan fungsi hati yang parah, riwayat sakit kuning, gatal seluruh tubuh selama hamil.
- Karsinoma payudara atau saluran ginjal, porfiria, perdarahan vagina, sindroma Dubin?Johnson.
- Sindroma Rotor, riwayat tumor hati, herpes selama hamil, gangguan tromboemboli, tromboflebitis, penyakit serebrovaskular, infark miokardial.
Perhatian: Diabetes, hipertensi, gangguan fungsi jantung dan ginjal.
Keluhan abdominal bagian atas : Sakit kepala hebat, migren, gangguan pencernaan , sakit bernafas, batuk tanpa sebab, penundaan operasi (6 minggu sebelumnya), imobilisasi, sakit kuning, kenaikan tekanan darah.
Efek samping: Gangguan fungsi hati, penyakit kuning, eksaserbasi epilepsi dan migren, jerawat, urtikaria, retensi urin, gangguan saluran cerna, perubahan libido, rasa tidak nyaman pada payudara, gejala pra menstruasi, siklus mens tidak teratur, mual, insomnia, alopesia, hirsutisme, depresi dan somnolen.

Ga semuanya gw ngerti…yang jelas, efek sampingnya, keknya hampir semuanya gw alami. Semoga, darah itu, emang cuma efek doang. Gw ke dokter lagi 29 Mei nanti. Doain yah temen2….! Satu lagi, buat kaum perempuan, ayo, sebelum telat, periksakan diri secepatnya kalo ngrasa ada sesuatu. Buat semuanya, yg baca blog gw, selalu, jaga kesehatan!

15 komentar:

yoyok mengatakan...

doaku besertamu kawan...

IndraPr mengatakan...

Semoga cepat sembuh. :)

Yaty Yasir mengatakan...

Salaam, Yati...
Saya punya kenalan yang punya kasus mirip dengan yang Yati cerita. Bagaimana kalo coba berobat pijat refleksi di "kompleks belakang PU"? Ada itu namanya Bapak Andi Lukman (beliau pensiunan PNS). Sudah banyak pasiennya yang alhamdulillaah punya kasus serupa menjadi lebih baik kondisinya (insya Allah bisa sembuh). Bahkan ada yang mesti operasi pengangkatan tumor rahim batal... dokter saja heran :). Insya Allah... sa doakan ko De'... cepat sembuh. Allah itu sayang sama hamba-Nya yang selalu sabar bila "diko'bi'" (di"colek") oleh-Nya. Huge hugs for you from a far!

sober mengatakan...

obatnya opo toh jeng...
rahasia aman deh...

ester mengatakan...

Be Strong, Yat!

Semoga ga terjadi apa2 yang mengkhawatirkan.

Eniwei, thanks udah berbagi pengalaman ini buat kita2 yang cewek, really2 useful.

Mbilung mengatakan...

Semoga lekas sembuh Mbak ... wah miris sayanya.

Hedi mengatakan...

gw ga pernah bosen kasih saran ke semua temen/taulan: makan buah pisang yg sering!

semoga cepet sembuh ya

uwie mengatakan...

Doa itu untuk harapan masa depan
Iman itu untuk kekuatan hari ini

Doaku untukmu
Imanmu teguhlah saja

Ucap syukur dan harap
dalam nama-Nya
Pun apa terjadi
kita hamba-Nya terima

fatma aisya mengatakan...

Assalamualaikum....mba Ama doakan semoga cepat sembuh. tetaplah sabar dalam menghadapi penyakitnya ya mba....

desan mengatakan...

iya nih.. saya ngga pernah tau dan belum pernah mencoba untuk tes kesehatan rahim.. sedikit parno :(

danudoank mengatakan...

cepet sembuh yak. ayo, bergerak yak, sesuai blognya...insya allah ada jalan keluarnya, amin.

Ifoeng mengatakan...

Setelah kesusahan pasti ada kemudahan. Begitu janji-Nya.

Semoga Yati diberi kesabaran dan oleh Alloh SWT diberi kesembuhan.

Schmetterling mengatakan...

Mbak Yati... aku boleh nanya gak, pengobatannya apa aja, soalnya aku juga ada Tumor di tempat yang sama. Aku mulai minum kunyit putih juga, tapi belum mencek lagi di dokter...soalnya dokter selalu nyruh aku operasi mulu.
Thanks

Anonim mengatakan...

Mba, obat dokter yg disebutkan namanya "A" itu apa yah..? sy ingin konsultasikan ke dokter juga..
karena kelihatannya manjur sekali dealam rentang waktu sebulan kista jd mengecil..
dari des 2013 kemarin sy terdapat kista sebesar +-9cm namun belum mengecil juga..
skrg sy baru konsumsi kunyit putih aja baru minum sebulan.. mungkin bulan depan baru USG lagi..
untuk nama obatnya (kalau masih inget sih) bisa di email saja ke jepchand@gmail.com

thanks ya.. :)

novi susilawati mengatakan...

Mba,salam kenal.. Aq baru baca postingan nya.. Ini pun scra ga sengaja pas aq lg cari testimoni ttg "sembuh kista stlh konsumsi kunyit putih"
Aq ada kista endometriosis udh 3 x operasi nikah 2006 & perlengketannya, smpe skrg / hari ini tgl 12 April 2017 blm dkasih anak :( ...Mba, obat yg inisial A & R nya itu apa? Aq mo cb jg.. Skrg aq lg ikhtiar konsumsi kunyit putih jg.. Aq sdkit parno takut kista muncul lg. Berobat & berusaha ke dokter & alternatif udh lmyn byk aq cobain..Aq ngarep bgt loh info nya mbayu.. Mba, aq tunggu info nya di novie_susilawati2002@yahoo.co.id ato via FB di Novi Susilawati . Makasih
@Novi