Selasa, 14 Maret 2006

Syirik ga sih…?

Gw mo bikin pengakuan. Tapi gw juga ragu, apa ini tergolong syirik, musyrik, ato nggak. Sebelum postingan2 penuh penyesalan gw muat di blog ini, gw dah beberapa kali intropeksi…hiks…evaluasi…ato apalah namanya, tentang napa gw apes terus belakangan ini. Maap…bukan apes…apa ya…pokoknya banyak hal2 ga enak terjadi ma gw.

Pada saat bersamaan, empat imel gw di yahoo banyak banget nerima pesan berantai. ‘Ancamannya’, imel itu harus gw terusin ke 10, 12, 15, 18, 20 temen lain. Ga cuma di imel, tapi di sms ma chat juga gitu. Kalo ga diterusin, gw bakal dapet ganjaran, bencana, dan hal hal lain yg ga enak. Serem kan?

Tapi dari jaman dulu, gw ga pernah nanggepin yg kek ginian. Jaman dulu malah lebih gila karena harus tulisan tangan atau difoto copy. Untungnya sekarang ada media komunikasi yg serba instant, lebih gampang nyebarinnya. Dan pesan berantai itu makin beragam isinya. Mulai dari pesan mimpi penjaga makam nabi, pesan buat selalu senyum, bantuan doa, bantuan buat biaya berobat, sampe soal virus di kompi.

Contoh bukti2 yg dilampirkan juga ngeri2. Gw sih ga pernah nganggep pesen2 itu hal yg remeh. Apalagi isinya ga ngajarin yg menyesatkan, semuanya mengajak ke jalan yg bener. Cuma, gw ga pernah meneruskan pesan berantai itu ke orang lain. Karena gw mikir, contoh ngeri itu bisa terjadi pada siapapun di dunia ini.

Tapi setelah banyak hal ga enak yg gw alami belakangan ini, sempet terlintas soal ancaman dalam pesan berantai itu. Dan gw terpengaruh. Lalu gw mikir, apa salahnya sih gw terusin pesen itu ke orang lain? Cuma butuh waktu beberapa menit dan ga bakal bikin gw bangkrut (paling2 pulsa abis beberapa ribu rupiah).

Tapi setelah gw kirim2, kok badai masih enggan pergi sih dari gw? Apa karena gw telat nyebarin pesen itu yak? Omigod….syirik ga sih gw ngelakuin ini? Ternyata gw terpengaruh juga…ngikutin ‘perintah pesan berantai’ walau percaya ga percaya.

Sama bingungnya ma feeling gw. Belakangan ini rasanya kok makin kuat ya? Dulu-dulu feeling gw cuma menyangkut diri gw. Apa yang bakal terjadi ma gw, bisa gw rasain ato mimpiin (walopun sering gw cuekin). Sekarang, gw malah bisa ‘ngliat’ orang lain. Gw bisa ngrasain apa yang ‘dia’ lakuin. Gw makin sering mimpi.
Itu juga yg bikin gw males tidur. Gw takut ngeliat banyak hal yang bakal terjadi pada orang2 yg gw sayangin. Gw ga mo percaya ma feeling dan mimpi2 gw. Gw ga mau gw jadi syirik, musyrik dan terkesan sok tau. Tapi gw sering terheran2 saat mimpi2 gw jadi nyata. Amat banyak, termasuk kejadian2 besar di negeri ini. Saat itu jadi kenyataan, gw selalu merinding. Tersiksa banget jadi orang yang ‘tau’ sesuatu. Tapi kan…yang ngasih juga Tuhan…so, mo bilang apa?

10 komentar:

danu mengatakan...

syirik gaknya mesti nanya ke uztad kali yak. sayah jugah sering nerima sms atawa imel model gitu tapi gak pernah saya teruskan apa maunya tuh. semuanya kan udah diatur sama allah swt, termasuk rejeki, mending juga waktu sholat minta sama allah swt.*sok tau - mode on*

Kanghadi mengatakan...

setuju sekali dengan comment-nya danu. bener, serahkan semuanya pada yang empunya kehidupan. semua sudah diatur koq. seorang sufi berkata, bila seseorang sedang dilanda musibah, dia sebenar sedang diuji keimanannya. bila dia berhasil, maka tingkat imannya akan naik. maka dari itu bersabarlah. semua pasti ada hikmahnya. bahkan ketika kita sakitpun, sebenarnya Allah sedang memperhatikan kita, karena sakit itu salah satu penggugur dosa.

Anonim mengatakan...

pesan berantai itu apa sih ti?
pesan yang dikirim pake rantai ya
emang pesennya liar dan ganas ya kok pakai dirantai...

kemaren di koran ada pembunuh berantai... dia menghabisi temannya sendiri dengan rantai
rantai babi itu dipukulkan berkali-kali ke kepala korban..
ih syerem...

youtea mengatakan...

serahin semuanya ama yang diatas say.... lebih deketin diri aja. segala sesuatu pasti ada makna dan gunanya kok.

btw soal surat berantai itu,yutie juga pernah nerima. antara percaya gak percaya tapi akhirnya yuti kirim juga. soale gak ada salahnya klo ikut nyebarinnya. selanjutnya dan seterusnya apapun yang terjadi yutie serahin ama yang diatas.

weeiittt tumben neh yutie bisa ngomong kek gini.... huhuhu jadi pengen malu.........

may hendrawati mengatakan...

Yati, saya juga sering banget nerima email kaya gitu. Kadang isinya bagus - bagus juga sih, cuman ujungnya aja rada ga bener, pasti ada embel-embelnya.

Berdoa dan berserah diri ke Yang Maha segala adalah kuncinya :-)

Di Balikpapan tinggal dimana ? Kopdar yuks

Awan Diga Aristo mengatakan...

ah, kebanyakan dari pesen gitu cuma omong kosong. tapi cukup efektif, minimal buat ngalihin harapan kita dari Allah. Dan karena itu, supaya mudah dan lebih tidak beresiko, buat saya sih, ya saya anggap syirik kalo percaya ke pesen2 gitu.

Kalo firasat, memang diberi sama Allah. Tapi itu kan harus dilatih, dan kalo memang dikasih karunia sama Allah, ya disyukuri. Tapi ati2, sekuat apapun kita pikir firasat kita, tetep aja bukan kita yang nguasain masa depan, dan kita tetep bisa salah. Jadi frame berpikirnya tetep, cuma Allah yang maha mengetahui, dan maha menentukan...

semoga bisa membantu...

Dini mengatakan...

Pengalamanku pribadi, kalo dah sering ketimpa sial, ternyata akibat kurang sedekah! Bener lo, cobain deh... Walopun penghasilan pas-pasan, aku coba keluarin sebagian, karena suka gak sreg sama pengemis, aku kasi aja tips lebih ke tukang becak, Alhamdulillah... badai berlalu... hehe

Anyway, instropeksi diri tetep perlu and hidup emang kayak roda :)

Yati mengatakan...

hmm...thanks semuanya yg udah ngasih comment, saran, dan semua2nya. setuju din...kadang lupa dan hehehe....gw mungkin termasuk orang2 yang kurang mensyukuri nikmat...:) thanks semuanya...

Luigi mengatakan...

Mungkin selain bersabar dan terus berdoa, itulah yang bisa dilakukan agar qodar baik bisa terjadi bagi masing2, termasuk orang2 yang di sayangi :)

Anonim mengatakan...

What a great site Loss ultram weight chrysler swindon Nec goedkope barcode scanners Sinus pain relief sinus headaches body kits mazda miata Invasive ductal breast cancer Symbol spt 1746 wireless barcode scanner Laser hair removal dallas hair removal products hair Texas holdem keno video poker webmaster.windowscasino.com Facelift threads southwestern ontario Purple denim jacket omnidirectional barcode scanner Pda barcode scanners White men seek black women dating mcse training in cape town mercedes owners club uk Basketball coaches looking for job Fioricet mikart tab