Kamis, 16 Februari 2006

Sms dan imel yang ga kebaca...

Ass Wr Wb......
Telah berpulang ke sang pencipta,abang gw temen gw sohib gw dan dia selalu gw bilang jagoan gw.............RIZAL wafat 15 feb 2005 jam 21:35 WIB.
GW DKABARIN DISAAT GW MASIH DKAMPUS GW LAGI BUKA E MAIL......DAN AKHIRNYA GW KIRIM KE LOE GW NGGAK JADI MANGGUNG GW LANGSUNG KERUMAH DUKA.....MAAFIN DIA YA

Imel itu gw terima Rabu malem (15/2)...sekitar jam segitu juga. Tapi gw cuekin. Gw masih marah. Barusan gw ceting ma dia. Seseorang yg belakangan gw panggil abang. Seseorang yang berkali-kali gw benci dan gw usir dari kehidupan gw tapi dia tetep selalu hadir karena katanya cuma gw temennya.

Dulu, tahun 2003, gw kenal dia di room 13, tempat ceting gw sehari-hari. Gw inget banget, ga ada yang suka ma dia karena tiap masuk room ga bisa diajakin becanda. Dia sukanya ngasih petuah berbau agama dan berkali-kali dia ribut ma temen lain, kalo ga salah ma koko (hai...lu dimana sekarang?). Abis itu dia jadi males masuk room. Mungkin karena ngeliat id gw yang agak2 bener, ga ada bau boong (gw pake nama asli pas chat), dia jadi selalu ngajakin gw ngobrol diluar room, private message.

Gw bales obrolannya seperlunya, kadang gw tolak mentah2 sambil gw maki2. Tapi dia ga pernah capek, selalu pm, ngirim imel, sms dan nelfon. Gw selalu jahat ma dia. Dia tetep ga peduli. Sempet beberapa kali dia ngeluh ma gw, napa gw tidak pernah sedikit saja ramah ma dia, padahal dia punya segalanya, apapun yang bakal gw minta. Gw tetep ga peduli.

Begitu terus...dan gw nolak terus....dan mungkin dia sampe pada satu titik (januari lalu)...dia harus memilih seseorang. Semuanya tetep diceritain ke gw. Keputusannya bikin gw dan temen2 dia ga bisa ngerti jalan yang dipilihnya karena dengan perempuan itu mereka beda keyakinan. Sejak itu gw makin males ngobrol ma dia. Gw suka marah2 ke dia tanpa alasan. Dan dia selalu bilang gw mungkin cemburu tanpa gw sadari. Lalu dia kadang2 nyalahin penolakan2 gw sampe akhirnya dia milih keputusan itu.

Lalu dia mutusin untuk ga lagi mengganggu gw seperti yg gw minta. Anehnya, gw marah denger keputusan dia dan tetep minta kami terus berkomunikasi. Padahal pas ngobrol juga gw cuma bisa marah ma dia. Jahat kan gw?

Lalu...gw diemin cukup lama Dan suatu hari (hampir dua minggu lalu) dia ngabarin dia tiba2 lumpuh dan harus duduk di kursi roda. Saat itu gw kaget dan janji ga akan marah lagi ma dia. Tapi gw ga abis pikir kok tiba2 sakit? Apa mungkin pengaruh cidera kaki tahun lalu makanya ga pernah lagi ikut tanding basket memperkuat timnya?

Dia juga cerita soal ceweknya yg gw tanggepin dengan males banget. Setiap hari gw dapet pesen2 pendek dari dia soal kondisinya. "Barusan abang ngaca, kok makin kurus ya, padahal baru beberapa hari". Atau "Susah juga ya kalo di atas kursi roda, ga bisa ngapa2in kalo nggak dibantu" Atau "Gw ga enak sama nyokap, gw bisanya cuma tiduran dan mau apa2 harus dibantu" Atau "Gw kesian sama N..., punya cowok kayak gw, ga bisa ngapa2in" atau "gw ga bisa jemput N lagi ke kampus, ga bisa nyetir lagi" atau "maafin abang ya, mungkin usia abang sisa beberapa hari lagi" dll.

Kalo udah ngomong kek yang terakhir gitu, gw langsung cut, marah2in dia atau malah ninggalin dia. Ga jawab sms-nya atau gw nutup telfon, ga bales imel dan ga bales chat. Sebenernya gw takut banget denger kata2 itu, gw takut kematian benar2 menjemputnya. Dua malem lalu sepulangnya dari RS, gw telfon. Gw kesel karena dia masih bisa ketawa2 sambil ngomong umurnya ga panjang lagi. Gw tutup telfon dengan marah dan dia susul sms minta maap dan bilang dia cuma becanda. Dan gw tetep diemin.

Besoknya (Rabu 15/2 kemaren) kami ceting. Dan lupa masalah semalem. Trus dia cerita sesuatu lagi yang bikin gw kesel. Dan gw diem lagi. Dan inilah obrolan terakhir gw, beberapa menit sebelum dia meninggal....

rizal_jl2000 (2/15/06 5:13:16 PM): sibuk ya
rizal_jl2000 (2/15/06 5:14:25 PM): lama kali
rizal_jl2000 (2/15/06 5:29:18 PM): hai
rizal_jl2000 (2/15/06 5:29:24 PM): halo
rizal_jl2000 (2/15/06 5:29:58 PM): ada apa sih
rizal_jl2000 (2/15/06 5:30:31 PM): cahaya bulan berikan sinarmu
rizal_jl2000 (2/15/06 6:19:20 PM): hai macam mana pula kau ini aku panggil2 nggak jawab2
rizal_jl2000 (2/15/06 6:19:22 PM): apa sibuk kau
yatimaulana (2/15/06 6:23:07 PM): paan sih?
yatimaulana (2/15/06 6:23:14 PM): maen buzz...bentak2...
yatimaulana (2/15/06 6:23:25 PM): gimana gw ga benci ma luuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
rizal_jl2000 (2/15/06 6:23:34 PM): kenapa
yatimaulana (2/15/06 6:23:52 PM): apa yg kenapa?
yatimaulana (2/15/06 6:23:57 PM): ga baca apa ketikan gw?
rizal_jl2000 (2/15/06 6:24:10 PM): belum
rizal_jl2000 (2/15/06 6:24:17 PM): aku baru bangun
rizal_jl2000 (2/15/06 6:24:43 PM): alhamdulillah lututku sudah mulai bisa
rizal_jl2000 (2/15/06 6:26:12 PM): trus
yatimaulana (2/15/06 6:26:41 PM): trus apa?
yatimaulana (2/15/06 6:26:53 PM): lu masih aja nanya2 gw napa
yatimaulana (2/15/06 6:27:03 PM): gw benci lu, puas?
rizal_jl2000 (2/15/06 6:27:56 PM): sudah ya
yatimaulana (2/15/06 6:28:02 PM): ya udah
yatimaulana (2/15/06 6:28:04 PM): bye
rizal_jl2000 (2/15/06 6:28:43 PM): kalo lu benci ama gw
rizal_jl2000 (2/15/06 6:28:43 PM): gpp
rizal_jl2000 (2/15/06 6:29:03 PM): lagian juga lu kan banyak punya temen chat
yatimaulana (2/15/06 6:29:20 PM): salah banget lu....temen chat gw ga banyak
rizal_jl2000 (2/15/06 6:29:30 PM): kalo gw kan tinggal nunggu,brapa hari,minggu aja
yatimaulana (2/15/06 6:30:04 PM): ini salah satu yg bikin gw benci ama lu....selalu ngomong gitu biar udah sering dilarang
yatimaulana (2/15/06 6:30:27 PM): lu juga punya banyak temen di dunia nyata
yatimaulana (2/15/06 6:30:39 PM): kehilangan gw yg cuma satu ga bakal ada artinya buat lu
rizal_jl2000 (2/15/06 6:31:48 PM): auuuu aduh sorry bentar gw bersandar dulu kepala gw
rizal_jl2000 (2/15/06 6:33:39 PM): jadi gini
rizal_jl2000 (2/15/06 6:33:45 PM): kenapa ya
rizal_jl2000 (2/15/06 6:33:57 PM): ya Tuhan
rizal_jl2000 (2/15/06 6:35:39 PM): padahal aku nggak jahat sama dia
rizal_jl2000 (2/15/06 6:35:46 PM): nggak bentak2
rizal_jl2000 (2/15/06 6:35:56 PM): cuma logatku aja
rizal_jl2000 (2/15/06 6:36:10 PM): eh dia malah benci
rizal_jl2000 (2/15/06 6:36:16 PM): malah marah
rizal_jl2000 (2/15/06 6:36:54 PM): aku salah ya Tuhan selalu salah
rizal_jl2000 (2/15/06 6:37:19 PM): aku masih mau chat
rizal_jl2000 (2/15/06 6:38:46 PM): aku masih mau sehat,kadang apa yg aku yg derita aku cuma ngeluh cuma melampiaskan aja
rizal_jl2000 (2/15/06 6:39:06 PM): tapi dianggap putus asa

Lihat obrolan itu....kurang jahat gimana gw? Dan beberapa menit setelah chat itu...dia meninggal. Dan gw masih sempet ngobrol ma temen dia. Dia pernah cerita kalo gw dititipin ke salah satu temen paling deketnya. Kalo ada apa2 ma dia, temennya itu diminta ngabarin ke gw. Saat ngobrol ma temennya, gw masih sempet berpikiran jahat ma dia.

Lalu gw liat ada imel masuk ke inbox gw, subjectnya: berita duka cita. Gw cuekin, gw sibuk maen game dan masih kesel dan gw ga ngerasa kenal ma pengirimnya. Pulang ke kost jam 12 malem. Gw sempet sms dia, gw minta maaf atas kelakuan gw dan gw juga maafin apapun salahnya dia ke gw. Tapi sms itu pasti udah ga terbaca ma dia. Dia udah pergi menghadap Tuhan hampir dua jam sebelumnya. Sms ga kebaca ma dia karena keegoisan gw...! Kenapa gw selalu kehilangan temen baik dengan cara seperti ini? Sama kek kk celeron (baca: 40 hari sebelum kk celeron meninggal, ditulis pada 12 April 2005). Maafin gw ya bang...Ya Allah...terima dia di sisi-MU, Amiiiinnn....!

NB: Dah lama banget dan sering banget dia minta gw nulis sesekali tentang dia di blog ini dan gw selalu nolak. Gw juga bilang, ga pernah ada ide tulisan tentang lu! Kasar banget ya gw? Baru hari ini gw bisa nulis tentang dia...dengan penuh penyesalan.

8 komentar:

abyadh07 mengatakan...

"Kita kepunyaan Dia, dan akan kembali pada-Nya..."
Turut berduka cita, atas kepergiaan sahabatnya yatie. Km tetap bisa melakukan kebaikan terhadap sahabatmu, senantiasa. Do'akan dia, dan tutupilah aibnya yang kamu ketahui.
Jangan pernah menyesal, jika engkau akan menyalahkan sesuatu atau seseorang. :)

nie mengatakan...

haduh yat... koq jd kasar gitu? yah... next time jgn sampe terulang. skrg kita berdoa saja dia bahagia di sana. :)

chris martin mengatakan...

When you try your best but you don't succeed
When you get what you want but not what you need
When you feel so tired but you can't sleep
Stuck in reverse

And the tears come streaming down your face
When you lose something you can't replace
When you love someone but it goes to waste
Could it be worse?

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

Tears stream down your face
when you lose something you cannot replace
Tears stream down your face
And I

Tears stream down your face
I promise you I will learn from my mistakes
Tears stream down your face
And I

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

"sebenarnya paling malas ngomong kek gini 'keep up the spirit' tapi kayaknya cocok buat kau fren! paling tidak untuk saat ini..."

Penulis Amatir mengatakan...

rizal itu aku banget,, maksutnya sedikit, lebih tepatnya langka kali ya, ada orang-orang yang mo ngertiin orang2 macam kita2 ini, kadangkala jadi seorang pendengar yang baik ga ada salahnya loh non,,, idup ijal!!! semoga diterima segala amal ibadahmu ya,,

bazzbeto mengatakan...

turut berduka cita.....
emang kadang ce itu sepertinya susah bgt ya ngertiin apa yg dimaksudkan oleh co.
apa mungkin untuk co tertentu yg tipenya seperti itu ya? gw sepertinya jg bertipe seperti itu.
kalo curhat masalah gw, mantan gw selalu ngerasa kalo gw cuma pengen bikin dia sedih, merasa bersalah...
padahal sebenernya gw kalo punya temen curhat yg laen ga akan curhat ke dia.(kok malah gw yg curhat ya?? hehehe..)
yah, skrg ga bisa ngapa2in lg kan?
do'ain aja buat dia, semoga lapang jalannya, damai di sisi-NYA

abhirhay mengatakan...

katanya sayang punya beribu wajah dan jalan. kebencian adalah salah satunya. dalam hidup kebencian tak selalu menuai pula kebencian. dalam logika, ini aneh! tapi itulah hidup. semoga kawan kita selalu dalam lindungannya.

ungulila mengatakan...

saya masih boleh nambahin kan (abis create blog)...bahwa seringkali terbukti, kita baru merasa memiliki sesuatu setelah dai tak ada lagi. dan pengalaman mencueki sesuatu karena dianggap ga penting, kualami pagi ini. kupikir itu email biasa aja...ternyata email penting, dan saya terlambat menyesal, karena untuk kemarin...
ahhhh...

yoyok mengatakan...

ah...jadi ini....

ya, kita doain aja abang semoga dia bahagia disana

:)