Selasa, 21 Juli 2009

Sebelum Pensiun, Anggota Sirkus Senayan Jalan2 ke AS dan Perancis

Ada yang ingat, masa kerja anggota DPR tinggal berapa lama lagi? Tahukah kalau mereka akan berjalan-jalan lagi ke luar negeri di akhir masa jabatannya ini? Ya, mereka akan menuju Amerika dan Prancis.

Menurut berita ini, jalan-jalan itu bertujuan mencari referensi penyusunan rencana dan strategi kerja DPR periode 2009–2014. Katanya ini bakal bermanfaat untuk DPR mendatang untuk menambah referensi penyusunan renstra. Periode 2009-2014? Emang berapa persen anggota yang sekarang masih terpilih lagi untuk menjadi anggota DPR di periode mendatang?

Masih berdasar informasi yang sama, kunjungan ke kedua negara itu menghabiskan anggaran Rp 2 miliar. Tapi tidak begitu jelas berapa orang yang akan berangkat dan berapa daa yang dibutuhkan. Yah, seperti biasalah. Rombongan ini akan berangkat pada 27 Juli 2009 dan berada di kedua negara selama tujuh hari.

Sebenernya agendanya tidak begitu jelas. Sebab ada yang bilang untuk kunjungan kerja, ada yang bilang atas undangan parlemen Amerika, dan ada yang bilang sebagai kunjungan balasan atas kunjungan parlemen Amerika beberapa waktu lalu.

Apapun alasannya, seperti biasa saya tetap curiga, ini acara jalan-jalan doang. Apalagi ini mengikutkan sejumlah anggota keluarga masing-masing selain staf, dan relasi. Apa kepentingannya para keluarga ikut kalo ini adalah kunjungan kerja? Apa keluarganya mau ikut rapat dengan kongres AS? Atau mau ikut rapat di mall?

Saya memang tak pernah percaya dengan agenda kunjungan-kunjungan kerja macam ini. Sudah terlalu sering mereka para anggota dewan sirkus yang terhormat itu melakukan pembohongan macam ini. Dari penelusuran kawan-kawan NGO di berbagai daerah, dalam kunjungan seperti ini, banyak dari anggota Dewan yang cuma ngambil “mentahnya” saja. Bagaimana dengan bukti-bukti laporan keuangan sehabis perjalanannya? Gampang, dengan uang sampe Rp 250 ribu, boarding pass pun bisa dipalsukan. Tentu bekerja sama dengan orang dalam di Angkasa Pura. Kapan-kapan saya tulis soal ini.

1 komentar:

Aditya Sani mengatakan...

hehehe..mbak, nanti kukasi informasi2, dikau yang mengolahnya ya..;p