Rabu, 25 April 2007

Blogging for democracy or Tebar Pesona?

Mungkin mengikuti jejak sang pemimpin, maka Partai Demokrat meminta kadernya rame2 bikin blog. Katanya buat menggaet simpati kaum muda melek internet yang jumlahnya emang gede banget. Biasalah, buat persiapan Pemilu 2009. Akhirnya sekitar 15 politisi partainya SBY ini dikasih kursus gratis bertema 'Blogging for Democracy' dari Friedrich Naumann Stiftung (FNS), lembaga donor asal Jerman. Konon, saking serius dan semangatnya, Ibu Negara ngirim sms buat nyemangatin kader2nya.

Partai lain yang sudah melakukan duluan adalah PKS. Nah, Demokrat beralasan, mereka pengen terlihat lebih cerdas dan ga lagi pake sistem kampanye kampung yang harus mendatangkan artis2 dan pelawak. Aduh, bakal ga laku nih Thukul. Mereka pun berniat meniru Libya yang membagikan komputer untuk penduduknya. Kalo misalnya ntar ada referendum atau pemilu, pemilih tinggal nyoblos dari rumah, ga pake TPS2an.

Hmmm...serius? Ga dipake buat tebar pesona sama cerita pacar2an di ruang rapat DPR kan? Saya inget dulu, saya nulis soal blognya Angelina Sondakh yang salah satu isinya tentang awal berseminya cinta Angelina-Adjie Massaid setelah tatap2an di ruang sidang. Halah...! Blog Angel itu pun 'diresmikan' oleh ibu negara, ada kata pengantarnya segala. Waktu itu, commentnya sampe ratusan. Apalagi poto2 cantiknya si putri Indonesia itu dipasang banyak banget!

Kemaren ga sengaja nonton acara gosip2 di tipi, konon hubungan Adjie-Angel dah bubar. Lalu iseng saya buka blognya Angel lagi. Dan udah ga ada soal pandang2an, reses, senyum2an, dan debar2an Angel-Adjie di sana. Cuma ada dua postingan soal duta orangutan dan kariernya di DPR. Commentnya 'cuma' 30-an lebih. Mungkin abis diganti kali ya, bukan yang dulu lagi.

Politisi ikut ngeblog mungkin memang lebih baik ketimbang mereka ngobrol ga jelas di gedung sirkus sana, plus gontok2an, ato bikin pilm biru. Biar lebih ngerti teknologi dan kalo nanti dapet pembagian laptop, udah bisa make sendiri. Kalo banyak duit kek Achmad Mubarok yang getol kampanye blog ke kader Demokrat yang laen, ya gpp juga kalo mo mbayar orang Rp 2 juta sebulan buat ngurusin blog melayu dan blog englishnya. Konon nih, pengunjung blognya Mubarok udah 69.000 lebih dalam 10 bulan. Dan dia bangga karena konon jumlahnya melebihi pengunjungnya Blognya Wimar Witoelar. Iyalah, apapun, asal kegiatannya bener aja dan bukan tebar pesona yang negatip.

15 komentar:

timpakul mengatakan...

kan makin banyak yang nge-blog makin rame... :-)

apalagi kalo politisi ngeblog.. mereka jadi ada alasan lagi untuk minta laptop+langgananGPRSflat ... :-D

btw... angel kayaknya update di: http://angelinasondakh.blogs.com/ deh...

Hedi mengatakan...

Mereka itu mau ikut adu traffic :P

Tapi bagus juga sih maksud mereka, visi soal pemilu masa depannya itu.

Aris Heru Utomo mengatakan...

Baguslah kalau politisi mulai ngeblog. Setidaknya kita bisa tahu dan menilai pandangan mereka terhadap suatu isu tertentu di ruang publik. Soal blog mereka akan dibaca banyak orang atau tidak, biar seleksi alam yang menentukan.

venus mengatakan...

rame2 ngeblog. hhmmmm...boljugs. tapi bayar 2 juta sebulan buat ngurusin blognya? hehehe...

tito mengatakan...

kemarin saya menentang isu blogging itu membual dan gak bisa dipercaya? mendadak saya sekarang setuju :D

meiy mengatakan...

hehe jgn2 utk sok2 belain bloggers indonesia biar ga dikatain pembohong dan pengangguran lagi hehehe (becanda bukan prasangka):))

MAY'S mengatakan...

tapi iyalah..
lebih baik mereka begitu membual juga ndak pa, setidaknya mereka mikir untuk membuat bulannya.. (eh saya lagi membual juga ya?)

ureh mengatakan...

eh... aku mo ikutan ngisi komen di blognya angie ah.. :D

ureh mengatakan...

halah... komen pun dimoderasi.. :((

komen gagal! :((

antobilang mengatakan...

hah?
politisi ngeblog?
*buat banner saya bukan politisi busuk ah*
pasti laku =)

NiLA Obsidian mengatakan...

yap....semoga lebih banyak positif nya ketimbang negatifnya

ivo mengatakan...

EH.. sebenernya mereka banyak yg gaptek lho.. ada yg ga tau email itu apa..

huda mengatakan...

ya.. moga2 dengan begini jadi gak gaptek..

tapi klo memasuki dunia blog, harus sportif, harus siap menerima terpaan kritik dan protes dari masyarakat

Co-That mengatakan...

wah bagus tuhh kalau politisi ngeblog!! kita bisa kritik habis2an!!! ulah mereka yang gak pernah bener!!!

chigi28 mengatakan...

paling ntar cuman daftar ,trus lupa password, nggak bisa dibuka trus ditinggal dech