Minggu, 23 Juli 2006

Masa' Takut Sih?

Tadi malem, temen gw geleng2 kepala dan sampe dua kali nanya ulang asal gw. Pas gw jawab dari Sulsel, dia ternyata udah nyiapin serangan balik yang pas ma jawaban gw. "Heran, dari Sulsel kok takut ombak. Lo tuh, phobia ma semua hal ya sekarang? Percuma dong ngaku nenek moyangku pelaut ulung," katanya, lagi2 geleng2 sambil nyengir gemes.

Ga tau deh, bener kata dia, gw phobia banyak hal sekarang. Semalem gw ma temen2 nongkrong di kafe tepi laut setelah tiga bulan lebih ga ngumpul2. Sepanjang waktu, gw membelakangi laut yang juga brarti sedikit membelakangi temen2 gw. Bukan apa2, anginnya kenceng banget, ombaknya juga gede. Sampe2 meja tempat kami ngumpul bisa bergerak2 karena memang kafenya di atas laut.

Gw takut banget denger gemuruh ombak yg 'ga biasa' itu. Gw pegangan ke kursi dan berkali2 ngajak temen2 gw pindah tempat saat ombak menghempas keras tiang bangunan kafe. Aduh, norak banget! Gw juga tersiksa dengan ketakutan2 bodoh ini tapi gimana ngilanginnya?

Sebelumnya gw udah pernah nulis tentang phobia2 gw. Ma ular, tikus, ketinggian, apalagi ya? Sekarang nambah terus, apalagi sejak kecelakaan motor dua hari berturut2 Mei lalu. Gw takuuut naik motor. Naik mobil aja merem terus. Bener2 bodoh! Ayo, LAWAN!
***
Tadi di bus, gw denger pertanyaan yg sama lagi. "Masa sih orang Sulsel penakut? Dan selama di bus, Anda udah ketakutan dua kali ya?" Walah...yang bilang gitu orang yg baru gw kenal di bus lagi. Tapi yang ini kasusnya beda ma semalem di cafe.
Gini ceritanya....

Sekitar jam 12.30 gw ma temen gw naik bus dari kota A ke kota B tempat gw ditugasin sementara selama 2 minggu ini. Kami duduk di lajur kanan deretan bangku ke empat yang berisi tiga kursi. Kami menguasai deretan itu karena bus memang tidak penuh. Dua menit setelah bus mulai jalan, tiba2 naik penumpang laki2 dari pintu depan.

Lelaki itu pake topi coklat, kaos butut tanpa lengan dan celana pendek. Badannya keringetan, matanya agak merah, sepertinya sedang mabuk. Ketika naik ke bus, kuliat orang2 yang duduk di bangku depan pura2 nunduk atau sibuk2 gitu. Biar ga usah bergeser kali, dan membiarkan lelaki itu mencari tempat kosong di belakang.

Dan emang gitu, dengan matanya yang ...aduh, ga tau gimana ngegambarin...(takut lagi dah...!) lelaki itu terus berjalan ke belakang. Gw bernafas lega kek orang2 di bangku depan. Tapi lom beberapa detik, tiba2 lelaki itu udah mendesakkan sisi kanan badannya ke gw. Bahkan sempet menduduki beberapa senti paha gw. Anjrettt...apes bener, kok pilihannya disini sih?

Antara bengong dan takut, gw memilih bergeser ke tengah, lebih rapat ma temen gw. Keringet dingin dah membasahi dahi gw. Temen gw berbisik, "Napa duduk disini sih? Kan banyak bangku kosong?" Gw ngasih isyarat, suruh diem aja. Tapi lelaki itu terus nempel ke gw, mana keringetan lagi dan gw udah kejepit.

Gw sikut temen gw yang pura2 tidur. Kata dia, "Trus kita harus ngapain?" tanyanya dengan muka memelas juga. Bingung. Dan lelaki itu menatapi gw dari atas sampe bawah, ngliatin tas gw, jam tangan gw...duuuuh! Trus, tiba2 orang itu tertidur (atau mungkin pura2 merem) dan tau2 seolah terjatuh dan nyandar ke arah kami.

Ga nunggu lagi gw langsung berdiri, ijin ma dua lelaki di depan gw buat pindah ke tempatnya. Sialnya lagi, lelaki yg pura2 tidur itu nahan kaki gw, keras banget sampe gw setengah mampus buat keluar dari kursi. Di tempat yg baru, badan gw tetep gemeteran. Anjreeettt...seperti mimpi buruk rasanya, tapi gw ga sanggup tereak!

Dan, seorang lagi lelaki sok tau ngomong gini, "Sebenernya kalau di bus, ga usah ketakutan gitu, kan banyak orang"! Dasar, dodol, ga liat gw gemeteran? Trus lagi, tiba2 busnya ga bisa nanjak. Refleks gw pegangan. Eh, lelaki sok tau itu nyengir dan bilang, "Ketakutan lagi ya?" Lalu dilanjutkan dengan pertanyaan menyebalkan yang tadi. Huhuhuhu...apes bener sih gw satu bus ma lelaki2 yg ga melindungi ini?

Pas udah masuk kota B, lelaki yang satu lagi nakut2in gw. "Awas lho, tar diikutin ma bapak2 yang tadi..." Dodolllllll....! Dari spion gw liatin lelaki yang mabok tadi udah pindah ke belakang sana. Matanya nyalang kemana2. Kenek bus menyisipkan beberapa lembar duit ke sela jarinya. Lha, bukannya bayar ongkos bus malah dibayarin ma kenek! Emang ga beres ternyata!

ps: Gempa lagi di Sulawesi. Gempa susulan lagi di Jawa. Bukankah tak ada gunanya lagi rasa takut? Karena kematian bisa datang kapan saja. Ayo, lawan takutmu, bodoh!

9 komentar:

himitsunakoto mengatakan...

ihh,,itu sih emang nyeremin lagi Yat bapak2nyaaaa..gw juga klo jadi lo bakal pindah,,ato turun dimana aja,,ganti bus,,hehe,,eh tapi bus antar kota yak?ya udah,,pindah deh..(halah gw jadi ga jelas gini..=P)

elfenan mengatakan...

Kacian deh loe...@@!!! ceritanya asyik no!!!

Aji mengatakan...

Tinggal implementasinya aja Yati. :)
Orang pemberani bukanlah orang tak pernah erasa takut, tapi orang mampu mengatasi rasa takutnya itu...

Salam kenal juga

yoyok mengatakan...

Komm Susser Tod

Datanglah kematian yang manis...

bazzbeto mengatakan...

bener kata aji tuh yat...
seringkali juga rasa takut itu justru membantu, kadang juga membuat kita bs lebih rasional...
tapi sisakan sedikit saja rasa takutmu...:)

danudoank mengatakan...

rasa takut itu ada agar kita jangan berbuat sembarangan, katanya sih gitu ... bener gak sih

Awan Diga Aristo mengatakan...

buat permulaan latihan menghadapi rasa takut... bisa dimulai dengan menampar bapak2 yang sok tau itu... bukannya bantuin malah ngeledek :p

ester mengatakan...

yat, kalo gue diposisi elo, gue juga ketakutan deh. wajarlah, bapak2 mabuk di bis itu emang nyeremin. plus yang sok tau itu sih, enaknya di timpukin tisu yang udah diuwel-uwelin aja. nyebelin amat sih.

kalo takut ombak, mungkin trauma karena bencana yg sering terjadi? gue skrg traumanya kalo ada goyang sedikit, langsung bawaannya parno mo gempa. asli.... gue terganggu. tapi sebodo amat orang mo ngatain apa? mereka pernah ngalamin kejadiannya ga? mereka punya ga sodara dan keluarga yang pernah ngalamin bencana itu? mereka pernah ga merasakan cemas karena nggak ada berita dr keluarga yang tertimpa bencana. kalo sudah, gue yakin, mereka pasti memaklumi kita.

gue setuju, kematian bisa datang kapan saja. tapi ketakutan itu manusiawi kan? yang penting kita jangan sampe lupa membekali diri kalo suatu waktu mesti menghadapNya? iya ga seh?

merahitam mengatakan...

Ayo lawan!

Btw, kalau aku ngalamin kejadian itu aku juga bakalan gemetar ketakutan kok mbak. Dan wajar aja ngerasa takut gitu.