Senin, 19 Desember 2005

Adil nian hukum di negeri kami

Gw tertegun sejenak pas baca headline koran Jumat (16/12). Semua soal hukum, tapi ga ada soal keadilan. Ketua KPU Nazaruddin Syamsuddin akhirnya divonis tujuh tahun penjara. Anak2 UI minta gelar guru besarnya juga dicopot.

Lalu di halaman yang sama, ada berita kesaktian Nurdin Halid. Udah dua kali bebas dari dakwaan jaksa. entah pake jin apa. Kasus dana bulog, kasus koperasi InKUD, yang juga terkait soal dagang cengkeh...nilainya ratusan miliar.

Trus...ada kasus korupsi lokal Kaltim. Majelis hakim bebaskan mantan Ketua DPRD Kutai Timur, Abdal Nanang dalam kasus tindak pidana korusi APBD Kutim senilai Rp 46,6 miliar. Hebat!

Berita soal Nurdin Halid ngingetin gw ma Bapak. Entah barang apalagi di rumah sana yang melayang ke arah tivi kalo Bapak pas nonton berita itu. Kebenciannya pada terdakwa berbagai kasus korupsi itu, mungkin satu level dibawah atau bahkan sama levelnya dengan ketidaksukaannya pada Eyang Cendana.

Taon 98 lalu, satu toples kosong melayang ke tivi pas Soeharto lengser. Dilempar Bapak saking senengnya hihihi...[dan bikin jantung mama hampir copot]. Tahun2 sebelumnya, radio yang jadi korban kebanting2 setiap denger siaran radio luar negeri yang lebih jujur tentang negeri ini.

Siaran radio BBC London, Nederland, Amerika, semua didengerin. Sehabis sholat subuh dan menjelang tidur malam hari. Sampe Bapak lebih tau aktifitas Yeni Rosa Damayanti ketimbang anak2nya sendiri. Bahkan lebih bangga pada Mbak Yeni daripada kami.

Sampe gw pernah bercita2 pengen jadi tahanan politik (tapol) kalo itu yang bisa bikin Bapak bangga. Karena itu pula, pas kuliah, waktu gw di jalanan lebih banyak ketimbang di ruang kelas. Apalagi Bapak bilang gini: Saya lebih memilih membiayai anak2 demo daripada kuliah.

Kata2 itu diucapin di depan mama yang nyaris nangis karena liat adek gw [yang masih mahasiswa baru ketika itu] di tivi, lagi dikejar2 pentungan dan anjing2 pelacak polisi. Abis itu, gw nyaris ga peduli dengan kuliah dan terus di jalanan. Tapi akhirnya Bapak sendiri yang ngingetin, gw jangan kelamaan kuliah, karena ada hak-hak calon mahasiswa baru di universitas negeri yg gw rampas tanpa sadar. Alhasil, gw kelarin kuliah setelah 6 taon...hihihi...

Kejauhan nih obrolannya. Balik ke soal hukum tadi....gw masih tertegun. Ada soal hukum yang lain, pengadilan kasus HAM, vonis buat Polly dan kasus Munir yang ga tuntas, puluhan kasus korupsi, banyaaaaak banget. Hufh....adil nian hukum di negeri kami....

13 komentar:

Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...

huahahahaha...

emang bener mbak yati ini...masa-masa jadi mahasiswa itu emang paling nikmat...

ada apa2 yang kita rasa ga bener, tinggal turun, teriak2, ato bikin seminar tentang itu, ato apa kek...
Punya massa, punya otak, punya waktu, punya status sosial yang jelas, dan punya idealisme... yap, idealisme, sebuah kemewahan yang hanya dimiliki oleh orang-orang (berjiwa) muda...

Masa-masa penuh keringat, rapat2 malam yang ga jelas, teriakan2 heroik, teori-teori konspirasi, dan onani otak yang tak berkesudahan untuk mencoba menganalisis segala fenomena yang melintas didepan mata...

aaah...masa-masa itu... baru 9 bulan sy tinggalkan, sudah saya rindukan lagi...

Perkara keadilan di negeri ini... yaah, rasanya ga bisa banyak membantah yang mbak yati katakan...

Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Awan Diga Aristo mengatakan...

hehe, maap mbak yati,
tadi mouse sy tiba2 rusak, rewel, jadi keklik 9 kali, dan comment sy yang sebelumnya itu kepublish sampe 9 kali, tapi tenang, yang 8 udah sy apus... maap kalo jejak2nya masih mengganggu :p

Anonim mengatakan...

Best regards from NY! Epinions digital camera Paxil diahrea bleeding nissan Winnipeg hockey team pics http://www.didrex6.info/After-ionamin-taking.html ms bikini fitness miami Buy bontril in fioricet Business administration retail Cheap hotels + barcelona Yellow stripe dress shirt wellbutrin bupropion long beach cash advance Cheap barcode readers fitness training fitness runner Top ten black porn sites http://www.backpacks-3.info/Womens_snowboarding_pants.html

Anonim mengatakan...

Looking for information and found it at this great site... here

Anonim mengatakan...

You have an outstanding good and well structured site. I enjoyed browsing through it »