Sabtu, 10 September 2005

P e n g e c u t

2 September 2005

Tadi gw jalan bareng adek temen kantor gw. Ngobrol lamaaa, jadi curhat. Gw paling inget kata-kata ini, "Sebelum pergi, aku ingin bisa berbuat baik ke orang lain". Persis ma cita2 gw ingin jadi ikan. Ikan, kata Ochan, dagingnya ga akan ikut asin meski hidup di air asin. Tapi hidupnya berguna bagi semua mahluk. Makanya gw pake gambar ikan di halaman depan blog ini...tapi ikannya ga gerak2 sesuai nama blognya, hiks...:p

Balik ke soal adek temen gw... Dia ngomong gitu karena lagi sakit. Jenis sakitnya sama kek gw tapi tingkatannya jauh lebih parah dia. Kista di kandungannya udah ukuran 6 cm lebih. Padahal usianya jauh di bawah gw. Pertama kali terdeteksi oleh dokter, dia ditawari dua alternatif, operasi biasa atau dengan sinar x. Dua-duanya ditolak, karena resikonya 50:50=mati.

Dia akhirnya memilih caranya sendiri, teraphy, sama seperti anjuran dokter ahli kandungan ke gw. Agar kista tak kian membesar, dia juga menjadi vegetarian dan hanya minum air putih. "Setidaknya dengan begini, aku masih tau kalo aku masih bisa bertahan, tak harus berakhir di meja operasi" katanya.

Semangatnya untuk bertahan cukup kuat. Kini dia dikontrak untuk mengajar sempoa di sekolah-sekolah pinggiran, dekat pedalaman. "Anak-anak miskin di daerah terpencil juga pasti ingin pintar. Itu salah satu yang membuatku tetap semangat untuk bertahan hidup. Aku ingin bisa berbuat baik sebelum pergi," katanya lagi.

Memiliki semangat sekuat baja itu juga didapat dari teman lainnya, sesama penderita kista di kandungan yang meninggal karena kistanya berkembang menjadi kanker ganas. Kini dia pun mengajakku untuk memiliki semangat yang sama, sebelum semuanya menjadi makin parah. Karena beda usia kami, mungkin dia cukup enggan berucap ini, "Mba...jangan jadi pengecut, menghindari kematian dengan tidak memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat ketahuan tingkat keparahannya, semakin cepat kita bisa berbuat sesuatu sebelum pergi". Tapi bibirnya hanya komat kamit, memandang gemes padaku, pada pengecut ini! (hay)

Tidak ada komentar: