Rabu, 13 April 2005

Manusia, Hewan, atau Binatang Berseragam?

Rabu, 13 April 2005

Satu pesawat hilang di pesawat dengan sembilan penumpang yang tak ketahuan rimbanya.
Berita itu gw denger dan liat di tipi tadi siang. Mendengarnya, gw jadi inget cerita Daniel Mahendra di kumpulan cerpennya, Selamat Datang di Pengadilan.

Salah satu cerpennya bercerita tentang kepiluan keluarga korban jatuhnya pesawat Hercules di sebuah daerah di Sumatera. Tapi kejadian tersebut ga boleh diekspose. Jasad korban pun akhirnya dijinjing dalam koper pakaian untuk diserahkan pada orang tua korban di Jakarta.

Teramat memilukan bagi orang tua mana pun menyaksikan jasad anaknya dalam jinjingan, bukan pada peti mati seperti perlakuan terhadap mayat umumnya. Semuanya demi menjaga nama baik sebuah kesatuan. Orang-orang tidak boleh tahu bahwa ada cacat dalam prosedur peminjaman barang rongsokan milik negara bernama Hercules itu.

Kembali ke soal pesawat hilang....
Kalau lokasi hilangnya pesawat bukan di belantara misteriusnya Papua, mungkin aku tidak sampai teringat karya Daniel Mahendra yang juga selalu membuatku sirik pada ketajaman imajinasinya.

Kecelakaan di Papua kembali mengingatkanku pada kawan yang kutulis dalam "DIA KAWANKU" di bagian lain blog ini. Cerita lengkap kematiannya baru kudengar dari seorang kawan, minggu lalu.

Kematiannya, jauh dari proses yang wajar. Entahlah..., mungkin kematian dengan cara itu tetap wajar bahkan sangat biasa bagi pemburu kawanku itu. Sama dengan kematian Theiys. Bayangkan, nyawanya dipisahkan dari raganya setelah berhari-hari dikejar-kejar hingga ke pedalaman. Setelah ditemukan, tubuh kawanku diserempet mobil, lalu ditembak. Untuk meyakinkan kematiannya, jasad kawanku lalu dilindes ban mobil mereka. Dan untuk menyempurnakan sadisme para pemburu, kepala kawanku pun dipenggal hingga terpisah dari badannya.

Terhenyak. Mual. Pemburu kawanku itu, dinamai apa? Manusia atau hewan atau binatang berseragam?

3 komentar:

arie mengatakan...

wkakakakkakakakakk isinya banyak amat sampai bingung bacanya =))

arie mengatakan...

wkakakakkakakakakk isinya banyak amat sampai bingung bacanya =))

Anonim mengatakan...

Cool blog, interesting information... Keep it UP Akhavein patents Bosch dishwasher shu 5302uc Pcbuy ionamin auto insurance spyware detector video slots h2 hummer commercial song music Pontiac aztec lansing michigan Proactiv acne seen tvs hair loss product ringtones Contact lens mexico Seo+ethics